6 Negara Ini Punya Tradisi Unik Saat Ramadan, Mau Tahu?

8
Foto: Unsplash

Umat muslim di seluruh dunia memiliki tradisi-tradisi tersendiri dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, di Indonesia biasanya masyarakat akan menggelar takbiran dalam rangka memeriahkan bulan suci yang penuh berkah ini.  Di beberapa negara lainnya juga memiliki tradisi unik masing-masing.

Kira-kira tradisi unik seperti apa ya yang dimiliki negara-negara lain dalam rangka meramaikan bulan suci Ramadan. Mau tahu?

1. Mesir

Negara yang identik dengan warisan sejarah piramida giza ini memiliki tradisi unik untuk memeriahkan bulan suci Ramadan, di antaranya ialah dengan memasang lentera berwarna-warni yang berliku yang melambangkan persatuan dan sukacita sepanjang bulan suci yang penuh berkah ini.

2. Maladewa

Kepulauan yang terkenal dengan wisata pantainya yang dianggap bak surga ini memiliki tradisi unik pasca berbuka puasa yang begitu menonjol, pasalnya setelah berbuka puasa, penyair diminta untuk membaca Raivaru atau puisi terkait bulan Ramadan.

3. Albania

Masyarakat muslim roma yang telah lama bermukim di negara Albania dan sekitarnya ini memiliki tradisi unik selama bulan Ramadan. Orang-orang akan berbaris naik turun ke jaalan dan memainkan alat musik seperti drum silinder yang dilapisi kulit domba atau kambing yang sengaja diciptakan sendiri untuk memeriahkan bulan suci Ramadan.

4. Maroko

Selama bulan suci Ramadan, biasanya beberapa warga akan mengajukan diri sebagai penjaga waktu sahur yang disebut sebagai nafar dengan memakai pakaian tradisional gondola, sendal dan topi. Nafar akan berjalan menyusuri jalan dengan meniup klakson dan menabu gendang untuk bangunkan orang sahur.

5. Turki

Tak beda jauh dengan tradusu nafar di Maroko, kalau di Turki, sebanyak 2.000 penabuh genderang mengenakan kostum tradisonal Utsmani akan pergi berkeliling di beberapa jalan di Turki untuk membangunkan orang sahur.

Unik banget ya!