Ini Dia Negara Pertama di Asia Tenggara yang akan Gunakan Jaringan 5G

8
(Pixabay)

Vietnam akan menjadi salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang mengimplementasikan 5G. Operator terbesar Vietnam, Vittel, sebelumnya telah mengumumkan pada 25 April 2019 bahwa mereka telah berhasil menguji coba stasiun siaran 5G di Hanoi.

Operator selular lokal lain di Vietnam pun berlomba untuk mengembangkan jaringan nasional pertama negara itu. Namun kali ini kemungkinan akan ada di negara tersebut tanpa dukungan raksasa teknologi Cina, Huawei.

Vittel mengatakan bahwa Jaringan 5G dengan kecepatan 600 hingga 700Mbps, setara dengan Verizon di AS tersebut akan dilakukan tes jaringan penuh pada bulan Mei ini dan akan tersedia setelahnya jika uji coba berhasil.

Viettel mengklaim bahwa mereka telah mengembangkan teknologi intinya, termasuk chip dan perangkat. Bahkan, perusahaan juga mengatakan bahwa akan memproduksi 80% infrastruktur jaringan inti yang diperlukan untuk jaringan pada 2020. Sisanya akan datang dari pemasok.

Di Indonesia sendiri, masih dalam keputusan untuk tidak lagi menggunakan atau akan terus menggunakan Huawei. Mengingat teknologi 4G di Indonesia pada saat ini masih menggunkan Huawei.

Tampaknya, keputusan negara Asia Tenggara untuk tidak menggunakan Huawei mungkin berasal dari kombinasi pertimbangan ekonomi dan keamanan.

Apakah Vittel berhasil mengembangkan teknologi komonikasi generasi kelima mereka sendiri? Lalu bagaimana di Indonesia?  Kita lihat saja. (Hana)